Kamis, 25 Juni 2009

BatamKu Tetaplah Bertradisi Indonesia

Dulu keluarga dikampung susah banget buat kasih ijin Aku pergi ke Batam. Alasannya macem-macem ( intinya mereka berpikir batam itu buruk ). Sampai ahirnya ada saudara yang ngasih tau Batam nggak seburuk yang mereka kira. Apalagi pas dikasih tau Dorm tempat aku tinggal nanti aman dan nyaman tentunya. Aku diterima di perusahaan yang lumayan ternama saat itu (dulu:Astra, lalu: Unisem, sekarang aku numpang suami... he..he..he ). Langsung deh dapet ijin.

Setelah 8 tahun dan berkeluarga di Batam Aku masih tetep bisa ngerasain tradisi-tradisi yang ada dikampungku. Bahkan aku jadi tau juga tradisi kampung orang. Makanan khasnya,logat bicaranya dan ciri khas yang menunjukkan dari mana asalnya lambat laun aku tau. Pokoknya Batam masih Indonesia banget lah.

Tradisi yang dikampungku ada, dikampung orang ada, bahkan mungkin diseluruh Indonesia ada adalah tumpeng 17an (HUT kemerdekaan maksudnya).

Ternyata tumpengan di Batam lebih enak ketimbang di kampungku. Tau kenapa? soalnya rasa masakannya jadi Nusantara banget. Manis, asam, asin (ramai rasanya). Ada yang dari Medan, Padang, Palembang, Bangka, Jawa, Sunda, Ambon, Makasar, lampung, Madura, Aceh (yang nggak kesebut jangan marah, untuk sementarawaktu tetanggaku cuma ada itu).

Budaya, adat dan tradisi yang beda moga aja nggak jadi sebab perpecahan. Bahkan bisa dijadiin sebagai kekayaan hasanah budaya di Batam. Siapa coba yang mau jaga apa-apa yang Batam punya kalau bukan kita? walaupun kita nggak tau berapa lama lagi bertahan di Batam, tapi udah seharusnya kita buat Batam jadi tempat yang nyaman. Dari, oleh dan untuk kita tentunya.

Tentang imag orang-orang diluar pulau ini pun lambat laun berubah. Kita Semua yang bisa rubah imag itu. Tindakan dan perbuatan kita yang bisa buktiin bahwa Batam pun bisa ngebentuk kepribadian seseorang (mobil pribadi, rumah pribadi: bukan itu maksudnya).

Masing-masing dari kita aja dech yang memulai berbuat sesuatu yang baik untuk Batam. Moga aja dari kita bisa nular ke teman, tetangga dan orang-orang sekitar kita. Tul nggak?

86 komentar:

edi mengatakan...

sampai sabang sampai merauke tetep Indonesia, tetep satu aqidah InsyaAllah
semoga Islamlah yang selalu menjadi pemersatu kita, satu ikatan hati satu ikatan ukhuwah

dan LANJUTKAN!! (hehe..sambil kampanye :) -)

Betonwolke mengatakan...

Hello to Indonesia and many thx for your cisit.

sorry, don´t know your words and our translator havn´t your language. But we think that you like our site. So many greetings to Indonesia from Germany and good night. All the best for you.  :-D

AIs mengatakan...

bunda tinggal dibatam to..??
minta tumpengnya dunk bnda.. :-D

ais cinta indonesia..

rinto mengatakan...

Indonesia memang kaya segalanya...tp sayang justru kita lengah dan dimanfaatka oleh negara lain...entah itu kesenian, makanan, dll...sungguh ironis

ac milan indonesia mengatakan...

halo batam..salam kenal dari bali..meski beda tapi sama2 blogger indonesia

irfan mengatakan...

salam untuk batam...

Tazkiyatunnafs mengatakan...

Insyaalloh pada generasi kami, dengan dukungan generasi anda Indonesia akan menjadi sumber pemersatu aqidah dunia

Lembaga Pelatihan mengatakan...

Terimakasih atas kunjugannya... Tentang Batam ... saya lebih suka biarkan sesuatu mengalir seperti air... Yang harus dijaga adalah jangan sampai air itu mengalir kemana kemana... (soalnya  bisa jadi basaha semua..!!) :)

Grosir Jilbab dan Busana Muslim mengatakan...

Yap, Kta harus terus mengembangkan terus tradisi asli indonesia...!

AndriaGutama mengatakan...

Batam Bgus koq......

Forum Matematika Online mengatakan...

Pengalaman saya di Batam juga cukup mengesankan, meskipaun ga bawa oleh2.. -o(^_^)o-

asep canda mengatakan...

wow keren bun moga tambah maju ya batam

temankoe mengatakan...

enaknya tumpengnya bunda... :)

wongapik mengatakan...

Bunda, mau dong tumpengnya... jadi penasaran nih 17an di Batam heheheh... tetep semangat bunda tentunya tetep share ya... :)

grandparagon mengatakan...

wah blom pernah ke batam nihhhh....

jangan lupa ikuta kontes Rusli Zainal Sang Visioner yah :)

Fandhie mengatakan...

hidup batam....

s@ndhie mengatakan...

kapan ya aq bisa main ke batam???
saya punya saudara yg kerja disana

ReezMie Chantique mengatakan...

Hello Bunda, 
Nice blog ya..even we can't 100% understand your words, but we still get your point here. 
Anyway, thanks for visiting our blog. Have a nice day..! 
:)  Long live Malaysia & Indonesia...!!!

Check-out our on-line boutique for great deals.
http://reezmie-chantique-shoppe.blogspot.com

Moammar mengatakan...

Kunjungan Pagi ........ sambil cari sarapan pagi yang uenak ...........

j_putra mengatakan...

Benar itu bunda... batam itu tidak sejelek yang orang bayangkan... waktu ku pertama dulu mau kebatam orang berkata macem2 deh tentang batam... tp setelah aku berkunjung wah..... batam itu hebat... slam kenal ya bunda...
berkunjung ke blog ku juga y!!! juga comment baleknya di tunggu

YoenS mengatakan...

Wah..saya juga kelahiran Batam bunda,,,,cuma sekarang tinggal di pulau Jawa.

resistanCe mengatakan...

batam...ternyata kayak Indonesia mini juga ya... enaknya kalo semua daerah kebali akur kayak dahulu...

Roni mengatakan...

enaknya kalo udah tau tempat2 dan adat orang lain. duh, kapan ya gw bisa maen ke batam... :-[

H347thy mengatakan...

Thanks for coming, i hope this friendship keep walking...god bless

hisyam wahid luthfi mengatakan...

Aku pernah ke batam :)   ....tapi cuman sebentar ajja..

birel1 mengatakan...

Pagi bunda ;emang batam pulau SEGITIGA EMAS disana amat pesat perkembangan nya hampir menyamai ibu kota dan penduduknya sangat kompelx.karena dari situ kenegara mana mudah,jadi ingat masa lalu nih? Th 1992 baru lulus sekolah,merantao kesana.eh jadi ngelantur yg penting semoga sekses deh buat bunda. :-E 8-)                                                                                           

Blog Hizkia mengatakan...

Senang banget bisa main kebatam, aku mau main2 ke batam. tapi binung belum pernah pegi jauh nich.
Sukses ya buat Bunda dan Keluarga di Batam.

kwangkxz mengatakan...

wah, ternyata bunda orang batam ya ?
jadi pengen maen kesana hehe.....

osi mengatakan...

Wah...oke juga ya batam....baca aj ku dah bisa bayangkan...apalagi kalo aku di batam beneren...sukses deh buat Bunda.....
Jgn lupa komen balik donk Bunda....hehehe.....Biar ga jenuh dan para blogger tetap semangat untuk posting...
Salam blogg'r mania & sukses buat Bunda

henny mengatakan...

beraneka ragam budaya dicampur menjadi satu masakan. sepertinya enak bunda..

Arfar mengatakan...

Batam, makanan khasnya apa Bunda?

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

mampir lagi bunda,
kapan2 bisa rekreasi ke batam,

salam.

Lina mengatakan...

Betul banget, bunda!!! :-D

Sukses selalu ya.... 8-)

lleaa mengatakan...

aslamkm bu...waaah kreatif ya bu ini.punya niat baik banget.ngomong² suamiku pernah juga ke batam dan tinggal beberapa thn disana.oya bu salam kenal ya, aku add nih.mampir di blogku ya ada sepatu,tas, sandal, baju semua produk bali..murah lo.. :)

wildan vai mengatakan...

jd pgn ke batam ne bunda,... 8-)

Kang Abeh mengatakan...

liat tumpeng aku jadi lapar bunda. tolong buatin donk trus kirim lewat email ya, he...he...

peluangku mengatakan...

waduhhh asiiiikkk.., bagi2 tumpengnya bunda

firdaus putra mengatakan...

aku juga mau tumpengnya.... hehehe. :-D moga di batam lancar dan sehat selalu bund.

lora amir husin mengatakan...

Terima Kasih atas kunjungannya, Bumi Allah Maha Luas, Dimanapun kita menghadapkan wajah, yang nampak bentangan alam mewakili Ke-Maha Kuasa-an dan Maha Penyayang-NYA ALLAH SWT. Maha Kuasa karena Maha Bisa berbuat SEGALA termasuk membuat Alam Semesta yang Maha Indah terbentang dari Masyriki dan Maghrib. Maha Penyayang karena untuk manusia, ALLAH siapkan bumi, air dan segala isinya untuk dikelola.
Adat istiadat berbeda, warna kulit berbeda untuk saling kenal dan mengerti.

Adi mengatakan...

Kunjungan malam

arkasala mengatakan...

semarak acaranya. semoga selalu sukses ya. salam

Tengger jaya mengatakan...

wew. batam? ingin ke sana tapi gag da waktu,. sodara saya yg d sana,. minta alamat situs yang ada gambar batam dund!

Irene mengatakan...

hi, visitng u again tonight

franky mengatakan...

Hehehe..cuma tahu dari tipi, belum pernah kesana.salam kenal bunda

Aviezab mengatakan...

Hem, asyik tuh di Batam. Saya pernah dengar kabar katanya karena pusat ekspor impor, jadi murah2 di situ ? apa iya ?
Misalkan harga TV di Jakarta Merk Akira 600 ribu, di situ berapa bunda ?

dwi mengatakan...

baru sekali nyampe batam itu juga uda 10th yang lalu....hehee...pasti uda berubah banget de sekarang :)

Free CHINESE Mp3 mengatakan...

thx udah mampir ke blog saya
btw, gimana cara buat kotak komentar seperti punya anda??
eh tolong kunjungi blog saya yang http://about-girlsz.blogspot.com dan http://yourcomiczone.blogspot.com
thx

RIP666 mengatakan...

wahh pengen jg nih ke batam ^^

Adam Kurniawan Mrg mengatakan...

iyayah ....

shella.. mengatakan...

Bunda..minta tumpengnya...aq pingin ke Batam..hehe... :)

tiki mengatakan...

Batam tetap bagian wilayah indonesia yang kucinta, kujaga dan kubela.

prana mengatakan...

wahh sya lom prnah k Batam, sya dari Serang-Banten.. :-D

huget mengatakan...

Assalamualaikum bunda..,
Jadi laper nich liat tumpengnya... he-he-he

Vebyo mengatakan...

kunjungi blog aq ya...di Free Facebook Layout

♫♫♫ mengatakan...

thankz

amor mengatakan...

mau mau mau ke batam

tito mengatakan...

salam buat semua orang yang ada di batam... bunda... ^_^
sodaraku jg ada yg di batam, cm sy ga tau alamatnya.. :D
kalo tar kesana, boleh mampir sambil minta tumpeng nya hehe...
nice post! ^_^

Vrman mengatakan...

Sudah lama saya tidak Kebatam Nie Bunda Nisha ...

Oya .. bunda ... Saya mau nanya Donk ...

kalau Mau Membuat Kolom Komentar Seperti Bunda Gimana Ya caranya ...???
Soalnya mau saya Terapkan Di Blog Q yang reot dan penuh Derita ...

Trims ya Bund , jangan Lupa Di konfirmasi Di Blog Q ,,,

neilhoja mengatakan...

testeing.... kekekekk

wah, batam ya? blum pernah ke sana euy

Kang Ikhwan mengatakan...

Assalamu alaikum. Menurut saya, di manapun tempat di bumi ini insya Allah baik, semua tergantung bagaimana kita memposisikan diri. Batam, seperti yang saya pernah lihat sekita 5 tahun lalu, perkembangannya memang sangat luar biasa. Mulai dari bisnis dalam berbagai dimensi, cukup menjanjikan. Apalagi posisinya yang bertetangga dengan singapur. Tetapi jangan lupa, industri maksiat di Batam juga gak kalah dengan Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Saya sempat diberitahu teman bagaimana kehidupan malam di Batam (naudzu billah midzalik), konon kabarnya tidak ada bedanya dengan Jakarta. Makanya, sikap waspada dan hati-hati tetap dibutuhkan apalagi wanita.

bocah nggraffiti mengatakan...

mmm bunda , aku anak nakal tapi aku punya hati baik kuk . terakhir kali makan buceng dulu ama mbah . tapi sekarang pisah .

arga mengatakan...

Bunda tingga di Batam ya... Batam memang kota yang menarik untuk dikunjungi

Dwian mengatakan...

patriot proklamasi...

blackskin mengatakan...

Assalamu'alaikum.
Senang berkunjung kesini.
Tetap semangat dan terus belajar.. :)

Bundanisha mengatakan...

Makasih udah mampir ke blog Bunda...
Untuk bikin kotak komentar daftar aja ke http://www.js-kit.com. Kemudian ikuti aja langkah2 instalasi untuk blogger.

Selamat mencoba...

edja mengatakan...

Bun, Aq pengen banget ke batam, tapi, ntar kalo aku kesana, ntar aku nyasar lagi. udah lama aku kagum banget ama batam. ( Pengeen liat jembatannya :-D ) trus pengen ke BSC Mo belanjja.. trus ke nagoya, tapi sama aja aku gak tahu jalannya ;) . Bunda udah lama tinggal dibatam/?/ oya Bun aku lagi Demam neh, tau obatnya Gak?? wah padahal sekarang kan liburan waduhh :( , oya bun salam buat keluarga ya

salam ( Edja   www.eric121zone.blogspot.com)

BisnisHot mengatakan...

Batam harus memang dipertahankan dalam wilayah RI , jangan sampai seperti Ambalat... 

Bundanisha mengatakan...

Edja pengen ke Batam?, ya udah... kesini aja, insya Allah bunda n Ayah Nisha mau koq anter Edja jalan2. Sekarang ada Nagoya Hill loh..., mall baru yang wah banget, kalo udah masuk kedalamnya nggak berasa di Indonesia, kayak Di singapur gitu.
Bunda tunggu ya di Batam...

Ayda mengatakan...

batam  island is the best :)

obet mengatakan...

hallo bun salam kenal nih , mau nanya nih bun katanya electronik di batam murah murah ya , trus bisa ngga kalo kita beli di sono trus kita bawa ke jakarta ?   , hehehe :)

masoan mengatakan...

was here for my morning  walk.. http://www.AWSurveys.com/HomeMain.cfm?RefID=masoan

DedeAndro mengatakan...

Kalo ada kesempatan, pengin juga pergi ke Batam :)

Budi Hermanto mengatakan...

Wew..
Memang seharusnya begitu ce..
Hijrah lahiriah..
Tapi tetap membawa batiniah asal..
Hehehe..
Met happy2 aja di batam ce.. ;)

saifudin hidfayat mengatakan...

waduh apa yang di comentari

umi ratih mengatakan...

ass. 2 hari yang lalu saya ke batam lho bun 4 hari disana, ngajak anakku mengunjungu budenya..bagus kok batam. bun setelah saya perhatikan yang jualan baju renang muslim masih jarang ya..peluang tuh..kerjasama yukkk

epha mengatakan...

salam kenal bunda....

pgn bagt bisa travelling mpe batam,..

tapi pgnny ke medan Dlu,.. hehe

semangat nulis ya bun...

Sastro mengatakan...

siang bunda, jalan2 siang neh. sorry br bs berkunjung..
jd pengen jln2 kebatam neh bun...

uki mengatakan...

semoga semakin maju batam, semakin makmur penduduknya

Guest mengatakan...

Sayapun dulu dinas di Balikpapan,Palembang,Bandung dan Jakarta.Awalnya juga mikir mo dinas diluar P.Jawa,lama-lama juga krasan dan bisa dengan cepat menyesuaikan.Namun kalau mau cuti ya nabung dulu.Ortu juga belum tentu setiap saat mengunjungi kita.

Dimanapun berada asal kita berbuat santun dan baik tentu tidak ada masalah.
Blog anda bagus.Maju terus dengan artikel2 yang bermanfaat.
Salam dari Surabaya mbak.

akane mengatakan...

blogwalking bunda....
;)

buxbag mengatakan...

Hai... :) Hmm. aneh banget kalo ada org yang bilang kl batam itu buruk... Meskipun di sana ada berbagai macam budaya dan agama, nggak berarti buruk kan? Yah.. sayangnya di Indonesia ini masi banyak org yang yg berpikiran rada sempit yang lebih baik 1 daerah 1 agama..

Keep posting and have a success in Batama

abdi mengatakan...

keren :)

adixtm mengatakan...

wah batam dket ma t4 tinggalku sekarang

Smithe mengatakan...

Jalan pagi,siang,sore maupun malam dia adalah sahabat ku yang kutemukan di blog salam manis buat sahabat blog mari kita berjalan membagi ide kita. dadooo sooob.

lilis mengatakan...

kayanya asyik juga jalan2 ke batam, katanya kalo beli coklat di sana murah ya. emang kampungnya dimana bun?

Nur Rachmat mengatakan...

owh.. ternyaa begitu tho bunda..

ikutan ngungsi k ebatam ah...

barangkali jadi kaya.. hehe

Posting Komentar

 

Followers

Total Tayangan Laman

Yang lagi Online...

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino