Jumat, 19 Juni 2009

Imunisasi atau nggak ya?

Belum lama ini temen Bunda ada yang nanya Nisha di imunisasi atau nggak. Sambil agak bingung Bunda jawab "ya". Sebelum Bunda nanya ternyata si temen langsung ngomong sesuatu yang merupakan jawaban kebingungan Bunda.
Bunda bingung, koq nanya soal imunisasi atau nggak. Padahal setau Bunda dari dulu pas bunda BALITA sampai sekarang jamanya Nisha imunisasi tuh wajib kan?
Ternyata eh ternyata si temen ini baru denger dari tetangganya kalo anaknya nggak di imunisasi, beserta penjelasannya kenapa kenapa hal itu bisa terjadi.
Sobat semua pengen tau penjelasannya?
Jadi gini, si tetangga temen Bunda (belibet banget) itu katanya pernah baca bahwa vaksin yang di gunakan untuk imunisasi itu mengandung bahan yang diragukan kehalalannya, lalu katanya pernah juga denger kalo imunisasi bisa menyebabkan hyper aktif bahkan autis pada anak.
Gemana nih? apa pendapat sobat sekalian?

40 komentar:

bayi ngeBlog mengatakan...

imunisasi berguna untuk daya tahan tubuhnya, bunda. Anak saya mungkin kalo tidak atau kurang imunisasinya mungkin sudah "lebih cepat" pergi... :(

jakarta spa mengatakan...

Imunisation is very important for babies. Please stayaway from silly opinion. Use direction from the doctor. It's already proven in many years.
May God bless you, my friend.

Cheers, jakarta spa

itdot mengatakan...

perlu donk untuk kekebalan tubuh

bippi mengatakan...

perlu banget...
dan sangat penting tuk tumbuh kembang balita

Chandra Praditya mengatakan...

Hmmm...

Aku ngga pernah denger yg kayak gitu...

TP perlu diselidiki juga..

Jgn sampe jadi autis..

nice info

Aviezab mengatakan...

coba cari tahu hukum imunisasi dalam syariah
dan bahan2 imunisasi halal g?

thx

mini-tripod mengatakan...

klo emang bener pasti dah ada fatwa nya dong dari MUI, tapi sejauh ini kan tidak ada...

smith mengatakan...

imunisasi engga ada masalh bunda, yg jadi masalh sekarang bahannya ada unsur haramnya. Enzimnya dari B2. sy jadi pusing nih >:o

Faten mengatakan...

imunisasi vaksin itu semua berguna untuk kita kerana penyakit kini macam - macam yang ada. namun tidak wajar sekiranya ubat - ubatan itu diletakkan bahan asing lain yang haram sekiranya digunakan ke atas umat Islam. para saintis pembuatan ubatan harus lakukan sesuatu, mencari vaksin imunisasi itu tidak akan mengandungi lemak - lemak haiwan. ataupun organ - organ dalaman haiwan.

goceng mengatakan...

setahu q sich perlu....biasanya setelah anak lepas masa imunisasi baru mincul penyakit2 kecil seperti flu, batuk dsb....
ini berarti selama masa imunisasi anak diberi bekal, baik utk saat itu hingga dewasa nanti....tapi kalo lebih detil sepertinya istriQ lebih tahu....

CELEBES PLATINUM CENTRE mengatakan...

Hahaha..... Masalah ini lagi.... Ngga mungkin Pemerintah berani ngasih Vaksin kalo ngga halal. Kita khan punya lembaga BP-POM. Trus di MUI juga ada yang ngurusin ato mriksa2 kehalalan suatu produk.
Sebagai pencerahan buat rekan-rekan tentang halal tidaknya makanan atau minuman, pernah gak kita mempertanyakan kehalalan makan di warung2 pinggir jalan? Bakso, Soto, Gado-gado, sate dan sebagainya??? Bukannya kita langsung "slonong Boy" aja mesan dan makan???
Hehehe.... just sharing.... Mohon pencerahannya Bunda....

Kifni mengatakan...

wah, tapi sebaikNya tetap diimunisasi, karena itu untuk kebaikan anak juga...
saya pernah menjumpai hal fatal pada balita dan kemungkinan besar salah satu faktirnya karena tidak diimunisasi..

Bunga Sempurna mengatakan...

Bunda, mohon maaf sebelumnya.
Selama ini pemerintah sudah membuat banyak program yang berhubungan dengan Kesehatan Anak dan Ibu termasuk Vaksinasi dan Imunisasi.
Program itu dibuat untuk kesehatan ibu dan anak, karena banyak masalah dengan tingkat kelahiran dan kematian. Setiap tahun pemerintah selalu berusaha untuk menjalankan dengan semakin baik.
Seluruh keluarga saya sewaktu balita di-imunisasi dan sampai hari ini alhamdulillah tidak ada masalah dengan kesehatan.
Kata mama, justru orang yang pada waktu hamil kurang peduli dengan kesehatan anak dalam kandungannya akan mengakibatkan anaknya kurang sempurna bisa fisik tubuhnya dan kesehatannya kelak.
Tapi kalau bunda tidak yakin dengan halal atau haramnya suatu vaksin, khan bunda bisa tanya ahlinya, misalnya pegawai/analis di BPOM atau anggota MUI. Kalau tidak bisa meyakinkan bunda dari segi syariahnya, bukan terus berarti bunda memutuskan untuk tidak mengizinkan balitanya  diimunisasi khan.
Serahkan saja segala sesuatu kepada Ahlinya. Karena di pemerintahan masih ada orang-orang yang peduli dengan sesuatu yang berhubungan dengan syariah.

dluvux mengatakan...

Wajib...(untuk bayi usia 0-11 bln)

BCG = mencegah tubercolosis
DPT = mencegah dipteri, pertusis, tetanus
Campak = mencegah campak
Polio = mencegah polio
hepatitis B = mencegah hepatitis B

Berdasar dari penelitian epidemiologis membuktikan perlunya manfaat imunisasi dasar.
Sumber : keputusan Menkes RI tentang program imunisasi.

my inspirasi mengatakan...

kalau menurut saya, imunisasi sangat diperlukan buat balita atau sampai umur 14 bulan, karena itu untuk kekebalan tubuh balita tetap terjaga dari "penyakit" seperti campak dan kawan-kawannya.
kalau ada yang kurang or salah tolong ditambahin or dibenerin yach!...... :)

draxc0la mengatakan...

klo saya sih penting banget tuh imunisasi bunda, buat kekebalan tubuh si bayi, klo bahan nya buat imunisasi sih klo ada yg bilang ga halal itu mah isue aja bunda. yg jelas imunisasi itu snagat di butuh kan oleh balita.
begitu kira2 bunda.

AloneSHE.. mengatakan...

penting thu...buat kesehatan dan kekebalan tubuh.. :-D

Bundanisha mengatakan...

Makasih atas semua komennya.
Sebagai orang tua kita pasti pengen selalu ngasih yang terbaik buat anak.
Dari komen sahabat semua dan artikel2 lain tentang imunisasi mudah-mudahan bisa jadi pencerahan temen2 Bunda yang masih bingung anaknya mau di kasih imun atau nggak.
Nisha bunda kasih imunisasi dasar lengkap, dan Alhamdulillah sampai hari ini (dan mudah-mudahan seterusnya) akan tetap baik-baik saja.

minioffset mengatakan...

Hallo bunda..blogwalking.
menurut saya imunisasi sangat penting bagi daya tahan tubuh si anak buat pertumbuhannya kedepan nanti... :-D

comment di blog aq juga ya, linknya dah aq pasang tuh bunda, jangan lp dilink balik ya..hehehe

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

semua bayi memiliki kekebalan yang didapati dari sang bunda semasa dalam kehamilam namun kekebakatan yang dimiliki sang bayi ada yang terbatas oleh sebab itu diperlukan kekebalan tambahan yaitu vaksinasi buatan yang terdiri dari virus dan kuman yang sudah dilumpuhkan.
pemberian vaksin ini relatif aman dan sudah melalui tahapan ui coba dibeberapa daerah ditanah air.
dengan pemberian vaksin buatan akan menambah kekebalan ( imunitas ) bayi terhadap penyakit

SAKHI mengatakan...

Harus dunk..

cahyadi mengatakan...

Kalo menurut saya, imunisasi itu tetep harus diberikan kepada balita karena mereka tuch masih kecil... masih rentan banget dengan virus, bakteri atau apapun yang bisa menimbulkan penyakit... na gunanya imunisasi tu khan untuk menambah daya kekebalan tubuh anak untuk menghadapi semua itu... jadi ya positif thingking aja...

kwangkxz mengatakan...

Tentu dong, imunisasi sangat penting, karena bayi sangatlah rentan terkena penyakit.

the boys mengatakan...

<span style=" border-collapse: collapse; color: #333333; line-height: 22px; -webkit-border-horizontal-spacing: 2px; -webkit-border-vertical-spacing: 2px;">Setiap anak, begitu ia dilahirkan, apalagi dalam kondisi sehat, perlu diimunisasi. Dan adalah kewajiban Orang tua untuk membawa anak-anaknya, ke pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) atau rumah sakit, untuk memperoleh imunisasi sesuai jadwal yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). 
</span>

BLOG BISNIS MUKLIS|Motivasi dan bisnis mengatakan...

Wah harus itu, bayi memang sudah mempunyai imun dari Penciptanya namun ketika sudah di dunia orang tua harus memberikan extra untuk perawatan atas kesehatan si jabang bayi donk, selai ASI tentunya, salam dari BBM ya nice posy dan nice infonya

kosmanga mengatakan...

yah harus di imunisasi donk, biar anak2 sehat mbak. generasi muda itu penting karena merekalah masa depan indonesia!!!!!.

tito mengatakan...

wah seru nih... sprtiny hrs tanya dl sm ahli kesehatan, apa bener kalo imunisasi bisa menyebabkan hyper aktif bahkan autis pada anak, kalo bener jgn vaksin, tp kalo tidak, ya tetep hrs vaksin... hehe bingung neh...
good post! ^_^

HAPIA Mesir mengatakan...

sejauh yg saya tau dan saya pahami....imunisasi tidak ada masalah....karena jika dilihat antara akibat baik dan akibat buruknya,,,cenderung akibat baiknya atw manfaatnya jauh lebih banyak....maka dari itu,,,imunisasi tidak masalah.....

agus mengatakan...

:-D ....Gmn ya..kal saya ngak imunisasi mungkin ngak sekuat ini ya...

Rinto mengatakan...

imunisasi sangat penting, tentunya yg telah diwajibkan oleh WHO, jgn yg baru dlm tahap uji coba jg kita berikan pd anak...dan satu lagi imunisasi bukanlah penyebab atau pencetus anak mjd hiper ataupun autis.

najih mengatakan...

sejauh ini sepertinga ga ada dibicarain tuch masalah.....

tapi klu emang benar ada vaksin yg diragukan kehalalannya..
lebih baik mbak konsultasi ama dokter dan ust aja dech... :-D

Nur Rachmat mengatakan...

Baiknya memamng di IMUNISASI

Ariesvio mengatakan...

Imunisasi sangat penting bagi Balita...Benar
Usia Balita Sangat Rentan kena virus...sangat dianjurkan
Imunisasi agar kelak jika dewasa dia sudah imun terhadap berbagai penyakit
Salam Sukses

an mengatakan...

kalo menututku ya sangat penting lah imunisasi bagi balita nah kalo untuk mass\lah halal atau tidaknya LILLAHI TA'ALA aja....

riyan mengatakan...

lho kan pemerintah ga bakalan ngracunin penduduknya...ne bayi kan calon penerus bangsa ga mungkin lah.....

aria mengatakan...

kalo' ingin daya tahan tubuhnya meningkat memang sebaiknya imunisasi. untuk pembuatan vaksin memang ada yang memakai media b2, tapi pada proses akhirnya sudah dipisah dan disterilkan.

zuwanto mengatakan...

menurut saya imunisasi jelas sangat-sangat penting. Bunda .. meskipun blog saya gak nyambung tapi  isi Blog Bunda nyambung nih sama keadaan ku sekarang yang baru punya senior.... saya tunggu postingan selanjutnya... terima kasih.

Lucy mengatakan...

Menurut saya imunisasi itu perlu, daripada nanti anak kita kenapa2. Kan udah ada statement dr pemerintah kl vaksin meningitis itu halal :)

Baby gRowth mengatakan...

hallo.. imunisasi itu perlu sekali bun.... anda harus memberikan imunisasi secara rutin.. bunda bisa lihat beberapa article bayi di blog saya... mampir2 aja.. banyak saran2 yang saya berikan... terima kasih

ical86 mengatakan...

waduh...kalo isunya sih...bahan buat bikin tu vaksin banyak yang haram..masak mau bikin anti bodi..ambil sempel dari orang yang kena virus..kan sama aja ngasi virus ke diri sendiri...lagi pula sbg katalisatornya jg haram--dari enzim pankreas babi..coba cari di google "Yang Orangtua harus tau tentang vasinasi pada anak" itu katanya yang bikin tu bacaan dari dokter ahli amerika sendiri...

Posting Komentar

 

Followers

Total Tayangan Laman

Yang lagi Online...

Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template Vector by DaPino